Selasa, 21 Juni 2016

Review - Internet Security Awareness with Ferdiansyah (IT Security)

 
Palembang, 30 April 2016
Meningkatnya penggunaan internet saat ini membuat AkberPLB mengangkat isu ‘Internet Security Awareness’ sebagai tema untuk kelas ke-69 bersama @VerdiDkvd. Penggunaan internet terutama dengan mobile phone di Indonesia sangatlah lumrah, sudah menjadi kebiasaan generasi muda untuk menggunakan mobile phone dalam berinteraksi di dunia maya. Telah banyak data yang menunjukkan tingginya pembelian mobile phone dan penggunaan internet di Indonesia. Namun, seiring dengan semakin tingginya penggunaan tersebut juga semakin tinggi pula tingkat cyber crime yang dapat atau telah terjadi di Indonesia. Bahkan kerugian yang dikarenakan cyber crime di Indonesia mencapai Rp.33,29 Miliar, jauh melebihi kerugian tindakan kriminalitas terhadap nasabah bank secara konvensional. (Kompas.com, 11/5/2015)

Salah satu tips penting dalam berinternet yang diberikan oleh guru AkberPLB kali ini adalah dengan membedakan akun email untuk berbagai keperluan. Akberians tidak disarankan untuk hanya selalu menggunakan satu akun email, selain itu gunakan dan gantilah password setiap beberapa bulan sekali. Kombinasi password yang menggunakan angka dan huruf juga merupakan hal yang baik untuk mencegah akun kita dicuri. Selain itu, berhati-hati pula dalam membuka website, pastikan bahwa website yang akan kita lihat bukanlah website fake dan bisa dilihat dari protokolnya yaitu https yang berguna dalam keamanan username dan data pribadi kita. Jangan sembarangan isi data diri untuk membuat akun di website yang menurut kalian tidak dapat dipercaya Akberians.

Berbelanja secara online kini merupakan pilihan yang praktis bagi Akberians, kan? Situs-situs yang menawarkan jasa jual-beli pun banyak bermunculan. Tetapi dengan menggunakan situs tersebut belum tentu pula keamanan dalam bertransaksi akan tercapai. Pilihan COD (Cash On Delivery) merupakan salah satu pilihan yang paling aman dalam bertransaksi jual-beli melalui situs online.

Namun tidak semua penjual menyediakan COD dan lebih banyak yang menggunakan pilihan transfer antar bank baik melalui mobile banking atau internet banking, paypal dan pembayaran dengan kartu kredit. Pada langkah pembayaran ini lah di mana kita harus lebih berhati-hati.

Tips untuk Akberians sebelum berbelanja dari Pak Guru @VerdiDkvd adalah :
  1. Cari tahu website e-commerce yang akan kita gunakan. Beberapa toko yang terpercaya memiliki website sendiri dan tidak menggunakan layanan website e-commerce, ini lebih aman, lho.
  2. Apabila kita menggunakan website e-commerce, lihat atau cari tahu review tentang penjual tersebut. Pastikan bahwa yang me-review adalah akun yang benar dan bukan akun fake, Akberians. Harga murah belum berarti lebih aman dan terpercaya lho.  
  3. Kontak admin website e-commerce untuk menanyakan penjual agar lebih pasti. 
  4. Tracking rekening Bank yang digunakan sebelum kita transfer. Pastikan nama dan nomor rekening sesuai sebelum membayar.
Semoga pengetahuan dan tips dari kelas #AkberPLB69 kali ini berguna untuk Akberians saat berbelanja online dan berinteraksi di dunia maya. 

See you soon at another class!
Berbagi bikin Happy!

Comments system

Disqus Shortname